Rakornis 22 Februari 2016

Dalam rangka percepatan pembangunan bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan diperlukan rencana program strategis yang dapat memberikan dampak signifikan bagi terwujudnya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kalimantan Selatan.
Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kementerian PP dan PA RI dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2016.  Rapat Koordinasi Teknis dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan (Ibu Raudatul Jannah Sabirin Noor, SKM).
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Repubik Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional dalam upaya mengimplementasikan program stategis pembangunan yang adil gender telah mengeluarkan Strategi Nasional Percepatan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG). Hal ini menjadi acuan jelas bagi pelaksanaan kesetaraan gender  dalam pembangunan.
 
Tujuan umum rapat koodinasi teknis adalah :
a.     Untuk menyampaikan arah kebijakan, program dan kegiatandari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak R.I.
b.     Untuk menyampaikan Rancangan Awal RPJMD Prov.Kalsel 2016 - 2021
c.      Untuk menyampaikan program dan kegiatan BPPPA Prov. Kalsel Tahun 2016dan 2017 oleh setiap bidang
d.     Untuk Mendapatkan masukkan untuk kelancaran  pelaksanaan program dan kegiatan dari Badan PP dan PA Kabupaten/Kota
 
 
Dari hasil penyampaian materi oleh para narasumber dan diskusi peserta Rakornis, hasil yang dicapai adalah:
a.    Peserta Rakornis mengetahui secara jelas arah kebijakan, program dan kegiatandari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak R.I.  terutama berkaitan dengan perubahan nomenklator di Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sejak awal tahun 2016; permasalahan berkaitan pemetaan urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak berdasarkan UU 23 Tahun 2014.  Selain itu para peserta juga mengetahui bagaimana dan apa program unggulan Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak ke depan.
b.   Peserta Rakornis telah mengetahui secara lebih jelas Rancangan awal RPJMD Prov. Kalsel 2016 – 2021 dalam hubungannya dengan urusan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kalimantan Selatan.  Dalam RPJMD ini diketahui bahwa urusan pemberdayaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tedapat dalam Misi I dan IV yang selanjutnya dijabarkan ke dalam Program dan kegiatan Prioritas.
c.    Peserta Rakornis mengetahui secara jelas program dan kegiatan BPPPA Prov. Kalsel Tahun 2016dan 2017  yang menjadi acuan bagi Badan PP dan PA di Kabupaten Kota dalam menyingkronkan kegiatannya.
d.   Diperolehnya berbagai masukan yang disampaikan oleh peserta Rakornis untuk kelancaran  pelaksanaan program dan kegiatan dari Badan PP dan PA Kabupaten/Kota.

 

MAP

Location map
 

LINK