Penyuluhan Kesehatan Kanker dan Tumor

(Kamis 25/1) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada hari ini mendapatkan kunjungan dan sosialisasi dari Yayasan Kanker Indonesia terkait permasalahan kanker dan tumor.  Adapun narasumber dari Yayasan Kanker Indonesia adalah  Slamet Julianto,S.Kep, NS dan Maya Andryani Mawanda, S.Kep  dengan moderator Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Husnul Hatimah, S.H.M.H.  Acara ini dilaksanakan di Ruang Rapat lantai dua DPPPA Prov.Kalsel dengan peserta penyuluhan yang terdiri dari kepala dinas, kepala bidang, staff, tenaga kontrak dan beberapa siswa/mahasiswa magang pada Dinas Pemberdyaaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimatan Selatan.
 
Yayasan Sosialisai Kanker Indonesia (YSKI) yang didirikan sejak tahun 2015 berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM mempunyai tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sedini mungkin secara langsung tentang pengertian kanker; mengenali secara dini gejala kanker prostat, rahim dan payudara; dan cara sehat dan hemat untuk menghindari kanker. Sel kanker pada dasarnya sudah dimiliki oleh setiap manusia sejak lahir. Sel ini akan berkembang jika terdapat factor-faktor pemicu kanker seperti Genetik/Keturunan; faktor kimia dan fisika ; makanan dan minuman (zat karsinogen); cara pengolahan dan penyajian makanan yang salah.
 
Berdasarkan data yang ada, penderita kanker di Indonesia semakin lama semakin meningkat, seperti kanker prostat merupakan penyakit pembunuh no. 3 setelah stroke dan jantung. Yayasan ikut andil untuk menurunkan angka kejadian dan kematian Indonesia melalui upaya promotif dan preventif. Narasumber lebih menganjurkan untuk upaya preventif baik melalui vaksin maupun melalui cara tradisional yang cukup murah dan mudah untuk dilakukan, seperti dengan konsumsi buah sirsak, temu putih. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bibit temu putih yang merupakan tanaman herbal yang mampu mencegah penyakit kanker.  
 
Penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi para peserta karena tidak hanya informasi terkait penyakit kanker, penyuluhan ini juga memberitahukan deteksi dini beberapa kanker seperti payudara dan rahim. Yayasan Kanker Indonesia menawarkan bantuan bagi masyarakat yang menderita kanker dan tidak mampu, dengan menyediakan bantuan layanan kesehatan dan obat bagi penderita kanker.

 

MAP

Location map
 

LINK