Evaluasi P2WKSS dan KSI di Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Evaluasi P2WKSS dan KSI di Desa Teluk Labak Kec.Daha Utara, Kab.HSS

Tim Evaluasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) dan KSI bertolak ke Desa Teluk Labak Kecamatan Daha Utara untuk mengadakan evaluasi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Dalam sambutannya Bupati HSS  H. Achmad Fikry menyatakan bahwa evaluasi yang dilakukan Provinsi harus menjadi penyemangat dalam membangun HSS khususnya Desa Teluk Labak menjadi lebih baik. Beliau juga menekankan bahwa program P2WKSS ini harus dilakukan secara berkesinambungan bukan menjadi kegiatan seremonial saja.
 
Pernyataan Bupati HSS ini diamini oleh Dra. Hj. Andi Murni, MM yang mewakili Ketua Tim Evaluasi dan perwakilan DInas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov.Kalsel dalam sambutannya  menekankan pentingnya upaya seluruh masyarakat dalam meningkatkan peranan wanita dalam pembangunan. Beliau juga menghimbau kembali mengenai penerapan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam setiap pelaksanaan pembangunan agar setiap unsur masyarakat khususnya wanita dapat memperoleh akses, berpartisipasi, memiliki control dan menikmati manfaat dari pembangunan di daerah. Lebih menekankan pada peranan wanita dalam membangun ekonomi keluarga, Ketua Tim Evaluasi P2WKSS menginginkan agar warga Desa teluk Labak terus meningkatkan keterampilan wanita sebagai upaya meningkatkan perekonomian keluarga.
 
Evaluasi P2WKSS dan KSI ini melibatkan berbagai sektor, terdiri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), DInas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UKM, BKKBN, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Tim Evaluasi melakukan evaluasi sesuai dengan tugas,pokok dan fungsi dari instansi yang diwakili terhadap berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan di Desa Teluk Labak.
 
Tim Evaluasi kemudian juga mengunjungi Kecamatan Daha Utara yang menjadi perwakilan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dalam pelaksanaan Kabupaten Sayang Ibu. Pentingnya menurunkan Angka Kematian Ibu/Bayi/ Balita menjadi salah satu indikator penting dalam penilaian dalam KSI.  Diharapkan program P2WKSS dan KSI ini mampu menjadi pelecut semangat warga dalam menuju masyarakat yang lebih sehat.

 

MAP

Location map
 

LINK